Rumah Tropis Sebagai Hunian yang Terkoneksi dengan Alam

Indonesian Women's Forum 2023, IWF 2023 16 December 2023

Seperti apa hunian idaman di masa kini? Selain sebagai tempat tinggal, rumah menjadi tempat kita terkoneksi dengan keluarga dan lingkungan. Untuk itu, alam menjadi bagian penting dari tempat tinggal kita. Pada Hari Rabu, 13 Desember 2023, bersama Ira Guntur (COO Premier Grand Realty) dan Bomby Febriantoro (Planning & Design Surveyor Senior Manager), Indonesian's Womens Forum 2023 membahas lebih lanjut tentang konsep rumah tropis.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban yang sibuk tetapi ingin dekat dengan alam, Premier Promenade menghadirkan hunian asri dengan perawatan yang rendah. Berlokasi di Jalan Raya Keadilan, Depok, 15 persen dari keseluruhan hunian ini merupakan area hijau yang berfungsi sebagai paru-paru.

“Menempati hunian di Premier Promenade bagaikan bertempat tinggal di kebun raya. Penghuni memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan di ruang terbuka hijau kapan saja,” kata Ira Guntur tentang Premier Promenade yang luas totalnya mencapai 20 hektare dan dibangun dengan filosofi savoir faire dan kodawari.

Premier Promenade, sebagai kawasan hunian yang mengusung rumah tropis, mengutamakan kenyamanan di setiap musim. Sejak zaman dahulu, rumah-rumah di Indonesia menggunakan atap miring karena cocok dengan iklim tropis. Konsep atap miring juga diterapkan di Premier Promenade karena memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan atap yang datar.
Contohnya, saat musim hujan atau saat ada perubahan cuaca yang ekstrem, air dapat mengalir ke bawah alih-alih mengendap di bagian atap kemudian menyebabkan keretakan dan kebocoran.

“Seiring dengan perkembangan zaman dan gaya terkini, ada juga rumah yang tidak menggunakan atap miring. Namun, kadang-kadang belum tentu cocok dengan iklim tropis,” kata Bomby terkait pemilihan atap miring. 

Berbicara tentang musim hujan, menampung air hujan merupakan salah satu upaya keberlanjutan yang diterapkan pada hunian Premier Promenade. Seperti yang kita ketahui, menampung air hujan tidak hanya membantu mencegah terjadinya banjir, tetapi juga dapat bermanfaat dalam menghadapi musim kemarau panjang.



Tips Sebelum Membeli Rumah

Di samping memperkenalkan konsep rumah tropis, Ira dan Bomby juga berbagi hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Pertama, ketahui reputasi developer dan perhatikan kualitas rumah yang dibangun. Kita bisa mengetahui hal ini dengan mengamati rumah contoh. Ketika berencana melihat-lihat isi rumah contoh, sebaiknya kita berkunjung di semua musim, yaitu di musim kemarau dan di musim hujan untuk mengetahui apakah ada kebocoran di rumah tersebut.

Kedua, perhatikan detail dan estetikanya. Di rumah contoh, cobalah melihat ke arah langit-langit dan perhatikan pertemuan sudutnya. Kemudian, perhatikan kemiringan lantai, misalnya lantai kamar mandi perlu dibuat dengan tepat supaya air mengalir lancar dan drainase lebih efektif. Selain itu, untuk mengetahui kemungkinan adanya lantai yang kopong, kita bisa melemparkan kelereng di atas lantai. Kelereng yang mantul setelah dilemparkan di lantai menunjukkan bahwa bagian bawahnya terisi penuh oleh semen. Sebaliknya, jika kelereng tidak mantul dengan semestinya, hal itu menunjukkan bahwa bagian bawahnya kopong.

Ketiga, untuk Anda yang ingin menerapkan konsep lebih ramah lingkungan pada rumah, perhatikan ventilasi udara dan optimalisasi pencahayaan. Hunian di Premier Promenade menerapkan konsep cross ventilation dengan adanya beberapa celah udara atau bukaan yang memungkinkan rumah mendapatkan pencahayaan alami juga. Jika rumah selalu mendapatkan cahaya matahari dan udara segar, hal ini akan mengurangi kemungkinan lembap dan jamur. (f)